.
Melihat Penangkaran Elang Dan Jembatan Gantung Di Cigombong Bogor

Meniti jembatan kayu gantung, melihat penangkaran elang, bermain air di curug serta melepas lelah di hutan pinus. Gratis udara yang sejuk serta dingin, semuanya bisa didapatkan di kaki Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, Jawa Barat.

Berada di Kampung Loji, Kecamatan Cigombong, penangkaran elang ini bisa dikunjungi dari Kota Bogor. Lalu mengarah ke Lawang Gintung melewati Stasiun Batutulis. Setelah menemui pertigaan, ambil arah kanan ke Cijeruk.

Terus melaju ke Pamoyanan, Cihideung, Cibadak, Pasir Jaya dan Loji. Jangan khawatir harus jauh berjalan kaki, baik mobil seperti minibus maupun motor bisa masuk ke ‎gerbang menuju penangkaran elang bahkan hingga ke dekat pos penjagaan.

Saat di pos penjagaan kita harus mengisi buku tamu dan membayar karcis masuk Rp 5000 rupiah per orang. Dan biaya kebersihan Rp 2000 rupiah. Apabila ingin melepas lelah, bisa istirahat sebentar di pos karena tersedia fasilitas WC dan mushola,

Berjalan beberapa meter, pengunjung akan menemui beberapa kandang elang. Umumnya elang di kandang ini ialah elang yang belum lama diambil dari warga.

Setelah itu kita harus meniti dan menyebrang jembatan gantung. Wajib ekstra hati-hati ketika melintas, perhatikan betul setiap papan kayu. Karena banyak papan kayu yang sudah lapuk dan bolong. Kalau kurang hati-hati, pengunjung bisa saja terjatuh.

Di atas jembatan gantung ini, pengunjung bisa berfoto-foto ria karena spot di jembatan ini sangat bagus dan menarik untuk dokumentasi. Selepas jembatan, apabila ke kanan pengunjung akan kembali menuju ke kandang display, tempat penangkaran elang.Kalau mengarah ke kiri, pengunjung akan melewati hutan pinus lalu berjalan sekitar 1,2km menemui jembatan kayu, jalan setapak hingga akhirnya sampai di Curug Cibadak.
 
Di Curug Cibadak pengunjung bisa bermain air, berfoto di batu-batu, atau sekedar santai dan bercengkerama satu sama lain. Dari curug ini apabila melihat ke atas, terkadang banyak burung-burung langka termasuk elang yang bebas berterbangan.
 
‎Puas bermain di Curug Cibadak, penjung akan melewati jalan yang sama hingga kembali menemui hutan pinus. Apabila lelah dan ingin bermalam di sana, pengunjung boleh berkemah di hutan pinus. Setiap weekend ‎banyak pengunjung yang khusus datang untuk berkemah di sana.Tertarik ke penangkaran elang yang letaknya tidak jauh dari Jakarta? Sekedar informasi apabila ke sana, sediakan perbekalan yang cukup seperti camilan atau makanan kecil serta air minum. Karena di sana tidak ada warung seperti di tempat-tempat wisata lainnya.
 
Jangan khawatir nyasar apabila baru pertama kali ke sini. Karena jalur dan treknya sangat jelas dan ada papan petunjuk arah. Jalan setapak menuju ke Curug Cibadak pun masih mudah dilalui, meski terkadang harus sedikit menanjak melompati batu serta pohon yang tumbang dan melintang di tengah jalan.

Agenda Kegiatan